Thursday, December 20, 2018

Contoh Pertanyaan Umum Interview Dan Cara Menjawabnya

Contoh Pertanyaan Umum Interview Dan Cara Menjawabnya

Nah, buat sobat yang saat ini lagi mencari-cari pekerjaan atau bersiap-siap mengikuti tes interview, berikut empat pertanyaan umum interview yang sering ditanyakan HRD dan tips menjawabnya.

1. Ceritakan Diri Anda

Pertanyaan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum calon karyawan dan mengukur sejauh mana calon karyawan mengenali dan memahami dirinya sendiri, sekaligus mengetahui keterampilan, pengalaman kerja, dan kepribadiannya. Pertanyaan ini merupakan starting poin. Karenanya, usahakan menjawab dengan cara mempromosikan diri seperti menjelaskan keterampilan, pengalaman kerja, kepribadian, dan pencapaian (optional). Berikut contoh jawaban disesuaikan dgn profil dan background penulis (melamar posisi sebagai tutor b.inggris)

“Terimakasih atas waktu dan kesempatannya pak/bu. Perkenalkan, Nama saya Febriyano. Saya biasa dipanggil Febri. Usia saya 23 tahun. Saya lulusan *******, jurusan pendidikan bahasa Inggris. Hobi saya travelling, menulis, dan memelihara hewan. Saya memiliki keterampilan di antaranya, mampu berbahasa inggris dengan baik dan lancar (lisan tulisan), kemampuan publik speaking dan komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua siswa, kemampuan mengajar, serta kemampuan mengorganisir kelas dan siswa. Saya pribadi yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, pekerja keras, detail, ramah, kreatif, humoris, optimis, dan pembelajar yang cepat. Saya berpengalaman selama 3 tahun sebagai tutor/guru b.inggris full time dan part time (sebutkan tempat dan tahun bekerja). Terimakasih.

2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Ini merupakan pertanyaan lanjutan dari poin pertama di mana HR ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan kamu di antara pelamar lain. Pastikan kamu meyakinkan HR melalui kelebihan dan skill kamu yang tentunya sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Untuk jawaban kekurangan, pastikan dibarengi dengan cara kamu memperbaiki kekurangan tersebut. Berikut contohnya.

“Kelebihan saya adalah saya pribadi yang kreatif, optimistik dan terstruktur. Kreatifitas mendorong saya untuk selalu mempelajari hal baru, menguprgrade kapasitas diri, dan berpikir out of the box menciptakan suasana dan bahan ajar yang menyenangkan untuk siswa. Di samping ini, sifat optimistik saya menjadikan saya pribadi yang senantiasa berpikir dan bertindak positif serta selalu termotivasi dalam bekerja. Juga, terstruktur menjadikan saya bekerja sesuai target dan waktu yang ditetapkan sehingga efektifitas dan produktifitas kerja dapat tercapai.” “Kekurangan saya adalah Saya tidak terlalu bagus dalam hal multitasking. Kendati demikian, saya selalu berusaha untuk fokus menyelesaikan tugas dengan tepat dan menyusun to do list sehingga tidak membebankan saya dan pekerjaan dapat selesai sesuai target.”

3. Kenapa Anda Melamar di Lembaga/Perusahaan Ini?

Buat alasan atau jawaban yang masuk akal dan tepat. Jelaskan kenapa kamu ingin bekerja di sana. Jawaban bisa dihubungkan ke profil perusahaan atau ke pengalaman, skill, dan background kamu. Contoh jawaban: “Saya melihat peluang bahwa perusahaan/lembaga ini sedang mencari posisi (isi sendiri). Saya melihat bahwa posisi ini sangat cocok dengan pengalaman, skill, dan latar belakang pendidikan saya. Saya yakin dengan pengalaman dan skill saya, saya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan/lembaga ini. Selain itu, saya ingin bergabung bersama team hebat di perusahaan/lembaga ini, sekaligus ingin berkontribusi terhadap kemajuan lembaga/perusahaan ini di masa depan.”

4. Kenapa Kami Harus Memperkerjakan / Menerima Anda?

Berikan jawaban yang menjual skill dan pengalaman kamu terhadap posisi yang dilamar. Pastikan bahwa jawaban yang kamu sampaikan berbeda dengan kandidat lain. Contoh: “Pengalaman saya selama tiga tahun sebagai guru b.inggris di berbagai sekolah dan kursusan membantu saya mengenali bagaimana mengajar bahasa inggris di kelompok usia berbeda. Saya dapat mengorganisir kelas dan siswa dengan baik. Selain itu, saya pribadi yang kreatif, saya biasa membuat lagu-lagu per materi dan game yang memudahkan siswa menerima meteri dgn lbh aktif dan bersemangat. Saya pribadi yang ramah dan totalitas dalam mengajar. Saya sangat menyukai passion saya sebagai pengajar. Saya yakin dengan skill dan pengalaman tersebut, saya memenuhi kualifikasi yang bpk/ibu butuhkan.”

Nah, jika sobat punya pertanyaan dan jawaban lain, silahkan tambahkan di komentar ya.