Wednesday, November 7, 2018

Macam Macam Perangkat Komputer Beserta Fungsinya

Saat saat ini sangatlah susah temukan orang yang belumlah kenal computer. Meskipun begitu mungkin sejumlah besar di antara kita masih tetap ada yang belumlah kenal dengan detil mengenai Piranti Computer serta Fungsinya dari semasing piranti itu. Untuk mengenalkan lebih detil mengenai computer, jadi saya akan share dikit pengetahuan tentang Piranti Computer serta Fungsinya, dengan arah supaya semua beberapa Pemakai computer bisa kenal computer lebih dalam kembali serta bukan hanya sebatas kenal dari bentuk fisiknya saja.



Piranti computer pada dasarnya terbagi dalam 2 sisi,
yakni Piranti Lunak (Software) serta Piranti Keras (Hardware). Di 2 Piranti itu, masih tetap ada banyak beberapa bagian. Tersebut Penuturannya :

Piranti Lunak (Software) 

Piranti lunak ialah arti umum untuk data yang diformat serta disimpan dengan digital, termasuk juga program computer, dokumentasinya, serta beberapa info yang dapat dibaca serta ditulis oleh computer. Pada dasarnya piranti lunak computer ikut masih tetap bisa dikelompokkan jadi 2 sisi, yakni :

1). Skema operasi 

Gambar Jenis Type Operating Skema OSProgram basic pada computer yang menghubungkan pemakai dengan hardware computer. Skema operasi yang biasa dipakai ialah Linux, Windows, serta Mac OS. Pekerjaan skema operasi termasuk juga (akan tetapi bukan sekedar) mengendalikan eksekusi program di atasnya, pengaturan input, output, pemrosesan, ingatan, dan instalasi software.

2). Skema Aplikasi 

Gambar Aplikasi Software WindowsPerangkat lunak aplikasi ialah satu subkelas piranti lunak computer yang manfaatkan potensi computer langsung untuk lakukan satu pekerjaan yang diharapkan pemakai. Umumnya dibanding dengan piranti lunak skema yang mengintegrasikan beberapa potensi computer, tetapi tidak dengan cara langsung mengaplikasikan potensi itu untuk kerjakan satu pekerjaan yang menguntungkan pemakai. Contoh penting piranti lunak aplikasi ialah pengolah kata, lembar kerja, serta pemutar alat.

Piranti Keras (Hardware) 

Piranti keras computer ialah semua sisi fisik computer, serta dibedakan dengan data yang ada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, serta dibedakan dengan piranti lunak (software) yang menyiapkan petunjuk untuk piranti keras dalam mengakhiri pekerjaannya. Berikut contoh-contoh piranti keras computer serta kegunaanya:


1). Keyboard 

Gambar Keyboard GamingKeyboard adalah unit input yang sangat terpenting pada suatu pemrosesan data dengan computer. Keyboard bisa berperan masukkan huruf, angka, ciri-ciri spesial dan menjadi alat buat user (pemakai) untuk lakukan perintah-perintah yang lain yang dibutuhkan, seperti menaruh file serta buka file.

2). Mouse 

Gambar Mouse TouchpadMouse ialah salah unit input (input piranti). Manfaat alat ini ialah untuk perpindahan pointer atau cursor dengan cepat. Diluar itu, bisa menjadi perintah praktis serta cepat di banding dengan keyboard.

3). Processor 

Processor atau CPU (Central Processing Unit)Processor dimaksud ikut otak dari computer makin bagus type processor jadi makin mahal juga computer, jadi processor dikatakan sebagai pokok dari computer. Manfaat processor ialah untuk mengolah semua pekerjaan yang dikerjakan computer, yang direquest pemakai.

4). Motherboard 

Gambar Mobo MotherBoardMotherboard ialah papan circuit tempat beberapa elemen elektronik sama-sama tersambung sama dengan PC atau Macintosh serta biasa dipersingkat dalam kata mobo. Motherboard yang banyak didapati dipasaran sekarang ini ialah motherboard punya PC yang pertama-tama dibikin dengan basic supaya bisa sama dengan detail PC IBM.


5). RAM 

Gambar Ingatan RAM GamingRAM (Acak Access Memory) ialah ingatan penting computer yang berperan untuk membaca serta tuliskan data. Dengan kehadiran RAM, jadi kita dapat menjalankan 2 kegiatan sekaligus juga dalam satu computer, yakni menulis serta membaca data.

6). CMOS 

Gambar Batrai CMOSCMOS ialah singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari memiliki bentuk telah terlihat, dia adalah elemen berupa IC (integrated sirkuit) Yang fungsinya menyimpan setting BIOS serta bisa masih menaruh setting-annya saat baterei yang memberi daya masih tetap bagus.

7). Konektor Casing 

Gambar Casing PC KomputerKonektor Casing berperan untuk menyambungkan tombol/saklar serta indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasiskan Pentium 4, diikutkan juga satu port konektor penambahan sebesar 12 volt supaya processor dapat kerja.

8). Monitor 

Gambar Monitor LCD LEDMonitor computer ialah salah satunya type soft-copy piranti, sebab keluarannya ialah berbentuk tanda elektronik, dalam perihal ini berbentuk gambar yang tampil di monitor monitor. Gambar yang tampil ialah hasil pemrosesan data atau info input. Monitor mempunyai beberapa ukuran monitor layaknya seperti satu tv.

9). Power Suplai 

Gambar PSU Power SupplySesuai dengan namanya power suplai ini berperan menyalurkan listrik ke tiap-tiap sisi computer supaya bisa berjalan sama dengan fungsinya.

10). Harddisk 

Gambar HDD Hard DiskHarddisk ialah satu elemen piranti keras yang menaruh data sekunder serta berisi piringan magnetis. Harddisk dibuat pertama-tama oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama itu terbagi dalam 50 piringan memiliki ukuran 2 kaki (0,6 mtr.) dengan kecepatan rotasinya sampai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kemampuan penyimpanan 4,4 MB. Harddisk sekarang ini telah ada yang cuma selebar 0,6 cm dengan kemampuan 750 GB.

11). Kipas (Pendingin) 

Gambar Fan Kipas Processor Kipas atau Pendinginan computer serta yang seringkali ikut dimaksud pendinginan CPU ialah alat yang dipasang di bagian dalam computer untuk kurangi atau menghilangkan panas dari satu computer.


Itu dikit keterangan mengenai piranti computer. Mudah-mudahan berguna buat anda semua.